Rabu, 13 November 2013

ANTOLOGI

PROYEK ANTOLOGI PUISI
30 Oktober 2013 pukul 14:47
TEMA: Sosial, Budaya dan Agama.

Assalamu’alaikum saudara-saudaraku di Tanah Air.

Apa kabar semuanya? Semoga Anda semua baik-baik saja ya. Langsung saja, dalam upaya untuk melestarikan rasa cinta menulis dan membaca di kalangan masyarakat Indonesia, dengan ini Baca Tulis bermaksud mengadakan proyek antologi puisi yang bertemakan “Sosial, Budaya dan Agama”. Nantinya antologi puisi ini akan dibukukan dan diterbitkan secara cuma-cuma alias GRATIS. Kontributor tidak dipungut biaya pendaftaran sepeser pun, hal ini dimaksudkan agar sejalan dengan misi kami— mengajak para pengguna jejaring sosial membiasakan budaya membaca dan menulis.

Jadi, tunggu apalagi? Marilah berkarya. Daripada hanya berkarya di wall fb, lebih baik tunjukan karya terbaikmu di proyek ini.

Adapun beberapa persyaratan dan ketentuannya adalah sebagai berikut (tidak dipungut biaya pendaftaran sepeser pun):

Persyaratan:

  1. Copy-Paste pengumuman ini, lalu posting atau umumkan di blog, wordpress, facebook atau grup-grup  kepenulisan lainnya (baik di facebook atau di luar facebook). Tag minimal 10 teman aktif di facebook, termasuk akun Baca Tulis. Untuk yang belum berteman dengan akun Baca Tulis, silahkan diadd atau ikuti terlebih dahulu.
  2. Naskah diketik rapi dalam kertas ukuran A4. Dengan format huruf Times New Roman ukuran 12. ATAU* dikirim langsung di badan pesan (via inbox).
  3. Peserta diperbolehkan mengirim lebih dari satu puisi. Dengan ketentuan maksimal hanya boleh mengirim 5 (lima) puisi terbaiknya.
  4. Tidak semua puisi yang masuk akan dibukukan. Akan dipilih nominasi puisi terbaik yang akan kami bukukan.
  5. Naskah dikirim via inbox (akun Baca Tulis) dalam bentuk lampiran. ATAU* dikirim langsung di badan pesan. Sertakan nama lengkap, tanggal lahir dan alamat lengkap di badan pesan, dengan hashtag #puisi.
  6. Penerimaan naskah akan ditutup ketika kuota sudah mencapai 500 puisi.
  7. Pengumuman naskah yang lolos seleksi/masuk nominasi untuk dibukukan akan diumumkan 5 hari setelah kuota yang masuk sudah mencapai 500 puisi. Pengumuman dapat dilihat di akun kami atau di grup berikut: https://www.facebook.com/groups/BacaTulis99/

Ketentuan:

  1. Dua puluh lima puisi terbaik akan dijadikan “trailer book” layaknya trailer-trailer film yang bisa “ditonton” (dibaca) oleh para downloader di dunia maya, semuanya bisa didownload secara cuma-cuma. Sehingga  nama-nama penulis yang masuk dalam kategori dua puluh lima puisi terbaik bisa lebih dikenal khalayak. Hal ini dimaksudkan untuk memotivasi para penulis Indonesia dalam berkarya.
  2. Bukti terbit akan dikirimkan dalam bentuk buku digital via inbox para kontributor.
  3. Bagi kontributor yang ingin memiliki buku (bukti terbit) dalam bentuk cetak, kami hanya mengenakan   biaya untuk ongkos kirim ke masing-masing tempat para kontributor dan biaya cetak (Rp. 10.000,-). Selengkapnya silahkan inbox akun Baca Tulis dengan hashtag #cetak. Selanjutnya, tunggu konfirmasi   balasan dari pihak kami.
  4. Bagi kontributor yang memiliki kepentingan bisnis atau menginginkan royalti dari karyanya yang dibukukan, kami memberi kebebasan untuk memasarkannya tanpa diharuskan membayar biaya sepeser pun. Pemasaran bisa dilakukan baik lewat blog, wordpress, forum-forum jual beli seperti [misal] kaskus, toko online, twitter, fanspage, facebook atau apa pun itu.
  5. Poin no. 4 akan dijelaskan setelah pengumuman nominasi puisi-puisi terbaik diumumkan. Dan, hanya   berlaku bagi para kontributor yang masuk nominasi/karyanya layak dibukukan/lolos seleksi.
  6. Semua penulis yang lolos seleksi karyanya atau pun yang tidak sama sekali akan tetap mendapatkan bukti terbit dalam bentuk “buku digital.” Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi dalam kesediaannya ikut berpartisipasi.
  7. Baca Tulis berhak menggugurkan keputusan jika di kemudian hari ditemukan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti misal, karya merupakan hasil plagiasi/saduran, terjemahan, menyinggung atau menyerang hal-hal yang bersifat SARA, mengandung unsur pornografi, dsb.
  8. Keputusan pihak Baca Tulis tidak bisa diganggu gugat.
  9. Hak cipta sepenuhnya berada di tangan para penulis.

Demikian pengumuman “PROYEK ANTOLOGI PUISI” ini kami sampaikan.

Jadi, tunggu apalagi, segera kirimkan karya terbaik Anda. #Salam BacaTulis.

*Peraturan dan tata cara pengiriman naskah kami ubah. Berhubung banyaknya peserta yang antusias untuk mengirimkan karyanya. (Berlaku mulai 5 November 2013).

Proyek ini disponsori oleh pihak Penerbitan SPAI Digital Publishing (https://www.facebook.com/SPAIDigital?fref=ts atau follow @SPAI_Digital).

Lihat juga ---> PROYEK ANTOLOGI CERPEN:
https://www.facebook.com/notes/baca-tulis/proyek-antologi-cerpen/1465979933627575

Gambar Khalil Gibran. Sumber Gambar: https://www.facebook.com/KhalilGibranAuthor?fref=ts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar